Kamis, 27 Desember 2012

Tipstaa : Steakalicious

Tau makanan yang namanya steak? Pernah makan steak? Hahaha kalo belum, marilah kenalan dulu. Steak adalah salah satu hidangan western yang banyak disukai orang di seluruh dunia (iyalaah, enak).

Mau beli, mahal? Steak bisa kok dimasak sendiri ^^ Steak bisa dibuat dari berbagai jenis daging, biasanya daging sapi, bisa diolah tanpa butuh waktu lama dan hanya menggunakan bumbu yang sederhana.

Nah sayangnya, ada beberapa hal tersendiri yang bisa bikin si ‘daging’ ini jadi susah diolah, terutama tentang hal supaya steak bisa empuk. Mari kita bahas ! Ini dia nih, beberapa hal (sepele) yang harus diperhatikan >>

1. Jenis Daging
Sebelum siapin ini itu, wajib banget nih nyiapin daging yang ‘bener’ dulu. Karna ngga semua jenis daging bisa diolah menjadi steak. Pilih deh daging import karena teksturnya yang memang cocok buat steak. Apa kabar sama daging lokal? Daging lokal memiliki tekstur yang cocok untuk dimasak dengan waktu lama seperti rendang, sedangkan steak cukup butuh waktu 2-3 menit.


2. Cara Penyimpanan
Daging sebaiknya disimpan dalam keadaan beku, agar tidak merusak tektur dan serat dagingnya. Nah saat mau diolah/dipanggang, biarkan daging hingga suhu normal.


3. Cara Penanganan
Cara penanganan? Kaya korban banjir yaa.. tapi ini juga penting karna daging sapi berbeda dengan daging ayam dalam penanganannya. Daging sapi tidak boleh terkena air, karena akan berubah warnanya. Karena itu cukup dilap dengan tisu dapur.


4. Cara memasak
Pada dasarnya memanggang steak tidak butuh waktu lama, karena terdapat beberapa pilihan tingkat kematangan steak tersebut. Steak biasanya dipanggang dengan griller, tapi lebih bagus jangan pakai arang, karena arang memiliki sifat kasiogenik yang kurang sehat. Itu lohh zat karsiogenik yang bisa memicu adanya kanker didalam tubuh. Selain itu, jangan memasak dalam keadaan daging dingin atau pemanggang terlalu panas, karena akan menghasilkan daging dengan bagian luar gosong dan bagian dalamnya belum matang.

Selamat mencobaa ^^

0 comments: