Jumat, 28 Desember 2012

Tipstaa : 'Heels' si Sahabat Cantik yang Berbahaya

Buat pembaca yang cewe-cewe nih, tau sepatu high heels dong pasti? Sebagai kaum hawa, pasti kenal banget sama jenis sepatu yang tinggi di bagian tumit ini? Hmm.. atau kamu malah pecinta high heels? Emang ngga bisa dipungkirin banget ya, cewe yang pake sepatu high heels pasti bakalan ngerasa lebih percaya diri ketimbang cuma pake sepatu ceper alias sepatu datar.

Tapi, kalian sadar ngga sih kalo sebenernya high heels itu ngga bagus buat kesehatan kaki kita? Karna bagian tumit kaki yang lebih tinggi, jadilah kaki kita mendapatkan tekanan yang ngga balance selama kita menggunakan ‘sahabat cantik’ yang satu ini.

Makanya jangan heran kalo kamu ngerasa betis kamu seperti diremas-remas, telapak kaki yang cenat-cenut (kaya cintanya si abang boyband Sm*sh) dan jari-jari kaki yang seperti habis diinjak-injak dengan sangat keras.

Nah saat kondisi kaki udah terlanjur memilukan seperti ini, ada nih tips-tips ringan yang bisa kamu lakukan untuk menolong si kaki kesayangan ^^ 

1. Regangkan kaki & gerakan Yoga
Lakukan peregangan kaki pada pagi hari supaya aliran darah kembali lancar. Nah bisa juga dicompare sama gerakan-gerakan yoga untuk peregangan ini, seperti pose downward-facing dog. 

Itu loh, posisi saat kamu meletakkan kedua tangan di lantai dengan jarak sekitar 1 meter dari kedua kaki, dan bokong diregangkan ke arah langit-langit, sehingga dari samping tubuh kamu membentuk segitiga.
 
Teknik peregangan lain yang lebih mudah adalah dengan membungkuk sambil mencoba menyentuh jari-jari kaki dengan jari tangan kamu. Pastikan kedua kaki lurus (bagian lutut tidak menekuk). Perlahan, bungkukkan tubuh kamu, dan tahan selama lima atau 10 detik.

Trik lainnya adalah duduk dengan kaki menjulur ke depan, lalu angkat kaki untuk meregangkan. Jari-jari kaki rapat dan meruncing ke depan, lalu cobalah membentuk huruf-huruf dengan jari kaki kamu. Bisa juga dengan cara duduk membungkuk, kemudian coba letakan kepala dan tangan yang diluruskan sejajar dengan lutut. Ulangi masing-masing gerakan 3x dan lakukan yang rutin yaa ^^



2. Rendam dengan air hangat
Merendam kaki dengan air hangat akan membantu mengendurkan otot-otot yang kaku dan kelelahan. Pernah denger yang namanya garam Epsom? Nah coba tambahkan garam ini kedalam larutan air hangatnya. Garam Epsom ini diperkaya dengan mineral alami seperti magnesium dan sulfat. Kulit akan menyerap magnesium, yang kemudian akan membantu tubuh membangun dan memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak sehingga kamu akan merasa kaki lebih bugar ^^

3. Manjakan kaki
Coba perhatiin lagi deh lagi kondisi kaki kamu. Mungkin aja ada kuku yang tidak dipotong rapi, atau ada kuku yang tumbuh ke dalam, sehingga menyebabkan jari-jari kaki terasa sakit ketika memakai sepatu? Lakukan pedicure di salon, atau pedicure sendiri di rumah juga sah-sah aja kok ^^ karna kamu tentu lebih tau bagian kaki mana yang terasa sakit. Rapikan kuku, dan jangan lupa oleskan pelembab yaa.. karna kulit kaki yang kering juga bisa membuatnya terasa kasar dan kapalan.

4. Libur dulu
Setelah beberapa hari mengenakan sepatu berhak tinggi, kasih deh kesempatan buat kaki kamu untuk beristirahat beberapa hari. Kalo ngga mau pake sepatu ceper, boleh kok pake sepatu dengan heels sekitar 3 cm.

Intinya harus sayang sama kaki sendiri dan jangan dipaksa saat kaki memang udah sakit yah ^^

0 comments: